Punggung Panas, Penyebab dan Cara Mengatasinya

gambar tersebut menyebutkan tentang penyebab dan cara mengatasi punggung panas gambar tersebut menyebutkan tentang penyebab dan cara mengatasi punggung panas

Punggung Panas, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa kalian termasuk remaja jompo ? yang mana sebentar-bentar merasa lelah, sebentar-bentar pinggang terasa sakit, bahkan terkadang punggung bisa sampai terasa panas juga disertai dengan rasa kesemutan. Nah, jika kalian sudah pernah mengalaminya dan belum mendapatkan penyebab utama serta cara dalam mengatasinya. Maka berikut ini, kami berikan beberapa penyebab yang mana memungkinkan kalian bisa mengalaminya.

Macam - Macam Penyebab Punggung Terasa Panas

Menurut website hellosehat.com, terdapat beberapa hal yang mampu menyebabkan punggung kalian menjadi terasa panas atau bahkan sering kesemutan. Bisa saja itu semua karena pada saat keluar rumah, tidak mengoleskan tabir surya, atau bahkan terkena gangguan saraf dan masalah kesehatan lainnya. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat kalian ketahui :

#1. Penyebab, Terjadinya Nyeri Saraf

Nyeri saraf bisa menjadi salah satu penyebab paling umum terjadinya rasa panas di bagian punggung. Biasanya diliputi oleh beberapa gejala seperti : rasa terbakar serta kesemutan, rasa linu, mati rasa, hingga tiba-tiba tersentak dengan begitu saja dan pada akhirnya menimbulkan nyeri pada bagian pinggang serta punggung. Sensasi ini memang akan muncul ketika, terdapat bagian saraf yang memang terluka atau mengalami tekanan. Akibatnya, saraf jadi tidak dapat mengirim sinyal sebagaimana mestinya.

Sampai pada akhirnya, muncul reaksi tidak biasa layaknya panas - mati rasa - hingga kesemutan. Kondisi ini bisa saja terjadi kepada siapapun itu, namun yang paling rentan mengalaminya adalah orang yang mengidap diabetes sebagai suatu komplikasi atau biasa disebut dengan neuropati diabetik. Kadar gula pada darah dan juga trigliserida yang tinggi mampu merusak saraf seiring dengan berjalannya waktu.

#2. Penyebab, Kulit Terbakar karena Sinar Matahari

Apa kalian merasakan punggung terasa panas setelah melakukan kegiatan di luar ruangan atau rumah selama seharian ? Bisa jadi itu semua karena kulit kalian terbakar oleh sinar matahari. Jangan salah, panas matahari bisa dengan mudah lho membakar kulit yang sedang terekspos, terlebih lagi kalau kalian sedang tidak memakai pelindung utama layaknya pakaian dan sunscreen. Duhhh… terasa banget deh panasnya !

Ketika sedang terbakar oleh sinar matahari, bisa dipastikan kulit kalian akan sangat panas jika disentuh. Selain daripada itu, kalian juga bisa merasakan yang namanya kesemutan dalam jangka waktu lama. Selain rasa panas, ciri lainnya yang mudah dikenali seperti kulit punggung terlihat memerah dan mudah mengelupas. Bahkan kalau sinar matahari menyengat kalian dengan begitu parahnya, bisa sampai menimbulkan demam yang disertai oleh dehidrasi.

#3. Penyebab, Mengalami Fibromyalgia

Bagi yang tidak tahu, Fibromyalgia merupakan suatu gangguan otot yang mampu menyebabkan rasa nyeri di sekujur tubuh, bahkan dapat mengganggu adanya aktivitas sehari-hari. Kondisi ini pun sudah merujuk ke dalam salah satu penyebab punggung belakang menjadi terasa panas. Para peneliti juga percaya bahwasannya fibromyalgia ini dapat memperkuat adanya rasa sakit dengan cara mempengaruhi otak melalui proses pemberian sinyal. Gejalanya yang dapat dirasakan seperti : trauma fisik, operasi, infeksi, atau bahkan stres dalam artian psikologis.

Pada beberapa kasus lainnya, gejala secara bertahap akan mulai menumpuk dari waktu ke waktu tanpa adanya rasa pemicu khusus. Rasa sakitnya bisa saja muncul dimanapun, namun biasanya sudah berfokuskan pada bagian otot yang sering digunakan layaknya punggung. Untuk rasa sakit pada bagian punggung memang disertai oleh rasa panas dan sensasi, seperti sedang terbakar. Nah, daripada laki-laki, wanita ini biasanya jauh lebih sering mengalami kondisi seperti ini.

#4. Penyebab, Adanya Asam Lambung Naik

Heartburn yang naik ke daerah kerongkongan bisa membuat bagian punggung terasa panas. Nah, biasanya masalah ini juga sudah terjadi setelah adanya seseorang yang mana makan terlalu banyak atau bahkan makan makanan yang begitu asam. Jika gejala dari asam lambung ini sudah sampai ke bagian punggung, maka mampu menandakan bahwa masalah heartburn ini jauh lebih serius daripada biasanya. Rasa sakitnya juga mampu menjalar mulai dari punggung bagian tengah, sampai dengan punggung atas.

#5. Penyebab, Munculnya Radiculitis Lumbal

Biasanya kondisi ini akan muncul ketika piringan lunak berada di sepanjang tulang belakang ketika menekuk atau terpelintir. Kondisinya sendiri mampu menyebabkan adanya iritasi di bagian saraf tulang belakang bagian bawah, hingga mampu menimbulkan rasa nyeri tajam layaknya terbakar. Rasa sakit ini mampu menjalar mulai dari bagian punggung bawah bokong, langsung ke kaki yang disertai oleh adanya perubahan posisi. Berbagai perawatan yang dapat membantu meringankan rasa seperti ini dengan cara terapi fisik - antiradang - hingga steroid. Untuk memastikan lebih lanjut, maka silahkan melakukan konsultasi langsung ke dokter.

Itulah beberapa penyebab yang dapat kalian ketahui perihal punggung terasa panas. Untuk next artikel, kita akan beritahukan mengenai cara dalam mengatasinya !